Mengatasi Anemia

Mengatasi anemia
1. Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perlu tidaknya mendapatkan pengobatan terhadap anemia yang terjadi, atau hanya perlu mengubah gaya hidup.2. Menjalani saran yang dianjurkan oleh dokter dan melakukan evaluasi apakah sudah terjadi perbaikan.Mencegah dan Mengatasi anemia
Pada anemia defisiensi zat besi, folat, atau vitamin B12, maka cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut. Untuk diperhatikan.

- Sumber zat besi adalah daging berwarna merah (sapi, kambing, domba), buncis, sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, sea food. Sumber folat adalah buah segar, sayuran hijau, kembang kol, hati, ginjal, produk olahan susu. Sebaiknya sayuran dikonsumsi mentah atau setengah matang. Sumber vitamin B12 adalah daging dan produk olahan susu, daging, hati, ginjal, tiram, keju, dan telur.

- Mengonsumsi suplemen zat besi mungkin diperlukan dalam beberapa tahun dengan mewaspadai efek sampingnya. Kelebihan zat besi mengakibatkan kelelahan, muntah, diare, sakit kepala, mudah tersinggung, dan muncul masalah pada persendian.

- Vitamin C diperlukan untuk membantu penyerapan besu di dalam saluran pencernaan, kecuali penderita gangguan pencernaan. Sebab vitamin C bisa memperparah penderita gangguan pencernaan.

- Hindari kafein, misalnya kopi atau teh dalam jumlah banyak, karena kafein dapat mengganggu penyerapan besi di saluran pencernaan.

- Hindari alkohol dan obat-obatan tertentu yang dapat mengakibatkan defisiensi asam folat.

- Jika Anda seorang vegetarian, konsultasikan kepada dokter atau ahli nutrisi tentang diet untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Mungkin diperlukan suplemen untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

- Kekurangan vitamin B12 juga dapat disebabkan oleh infeksi parasit, konsultasikan ke dokter untuk mengatasi infeksi tersebut.

Hubungi dokter bila:
– Penderita merasakan kelelahan menetap, kesulitan bernapas, denyut nadi cepat (di atas 100 kali/menit), kulit menjadi pucat atau terdapat tanda lain terjadinya anemia.

- Periode menstruasi sangat mengganggu, atau terdapat penyakit perlukaan saluran cerna (ulkus), hemoroid (wasir), atau kanker kolon (usus besar).

- Lingkungan Anda mengalami paparan timah hitam.

- Jika memiliki riwayat keluarga penderita anemia, perlu mendapatkan konseling genetik sebelum memiliki anak.

 

Sumber: Healthy Life

 

About these ads

7 responses to “Mengatasi Anemia

  1. bagaimana jika anemia terus menggeroti bagian kepala kita??please give advice for my problem

  2. apasih akibatn yang paling parah kalau penyakit anemia itu di biarkan terus

  3. aq ce yg berumur 16 thn,aq sering kcapkan dan krang tdur trnyta stlh dipriksa tensi drhnya rendah.dan sering gmpang kna pnyakit,dan anemia krna sring tdr mlam bhkan lrut mlam tlonk kasih tips agar dpt mengobti tow mnymbuhkan anemia .

  4. Jangan begadang keseringan, ga baik buat badan. badan kita butuh waktu untuk memulihkan kondisinya, dan itu dilakukan saat kita tidur, dimana energi yang ada dialokasikan buat memperbaiki lagi sel kita. klo begadang kan kita sadar, trus energi dan nutrsinya jadi terbagi2 pemakaiannya, klo tidur kan diem gitu…

    anemia+darah rendah, g enak banget nie, pasti jadi pusing2 kan ya?
    begadang g baik banget, karena kamu masih diusia pertumbuhan, mungkin karena istirahat kamu ga pas, jadi metabolisme tubuhnya terganggu, jadi gampang sakit. Ada info (walau masih dicari kejelasannya, tapi kt dosen aku sie bener) bahwa j11-1 pagi adalah waktu dimana tubuh memproduksi sel darah putih. Klo begadang di jam segitu bisa mengganggu produksinya. sel darah putih bertanggung jawab buat imunitas tubuh

    Sarannya:
    Jangan kecapean, istirahat cukup(j11 dah tidur aja, ntar klo mo ngerjain sesuatu bangun di jam 2, lebih baik), makan buah2an (jus alpukat bagus nih, bt darah rendah), makan hati (besi dari hati digunain buat produksi sel darah merah), makan kacang2an(ex: jajannya bubur kacang ijo).

    semoga bisa membantu

  5. mau tanya donk tensi darahku tuh sering tiba2 rendah pdhl aku dah istiarahat cukup, trs dah makan sayuran juga. sering tiba2 ngerasa pusing terus baik sndiri gitu. emang dari dulu tensi darahku ga pernah ideal. itu kenapa ya padahal aku mkn sayur

  6. makasi ya atas sarannya, saya merasa senang sekali bisa tahu bagaimana cara mengatasi penyakit anemia ini. Semoga informasi ini dapat berguna untuk orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s