Empati

Empati adalah kemampuan menyelami perasaan orang lain tanpa harus tenggelam.
Empati adalah kemampuan dalam mendengarkan perasaan orang lain tanpa harus larut.
Empati adalah kemampuan dalam melakukan respon atas keinginan orang lain yang tak terucap. 

Empati akan membuat kita bisa cepat memisahkan orang dan masalahnya; empati akan mendorong kita untuk lebih melihat bagaimana menyelesaikan masalah ketimbang bagaimana menyerang orang.

Empati (dari Bahasa Yunani εμπάθεια yang berarti “ketertarikan fisik”) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya, seseorang yang berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. Empati sering dianggap sebagai semacam resonansi perasaan.

Dalam buku Social Psychology karangan Robert A Baron dinyatakan : empati adalah kemampuan seseorang untuk bereaksi terhadap emosi negatif atau positif orang lain seolah-olah emosi itu dialami sendiri

 

Agak penasaran dengan definisi empati…setelah searching, didapatlah beberapa definisi ttg empati.

Empati adalah kemampuan menyelami perasaan orang lain tanpa harus tenggelam.
Empati adalah kemampuan dalam mendengarkan perasaan orang lain tanpa harus larut.

2 kalimat diatas, jadi membuat saya jadi bingung. Yang selama ini saya rasakan, apakah itu empati?

Bagaimana jika ternyata, kejadian yang sama menimpa teman saya yang berbeda, akankah respon saya sama? Jika tidak, berarti unsur subjektivitas-nya terlalu besar…

Lindungi Hamba dari membeda-bedakan Yaa Rabb…

 

Ps: sekarang mo mencoba mengganti kata “Gw” menjadi “saya” =D

2 responses to “Empati

  1. saya malah mengalami empati yang membuat saya tenggelam dan larut sama perasaan orang lain ^_^’

    dua orang, dengan peristiwa yang sama, biasanya saya respon dengan sikap yang berbeda, karena mereka merasakan hal yang berbeda. dua orang, dengan peristiwa yang beda tapi merasakan hal sama, saya respon dengan sikap yang sama ^_^’

    sekedar ingin berbagi, karena kebetulan saya lagi ngerasa ‘terlalu berempati’ sama orang lain ^_^’

  2. Mas.. punya buku tentang empati gak??
    judulnya apa? pengarangnya siapa?
    soale ku lagi butuh referensi tentang empati nih..
    tolong ya mas…
    tapi buku selain punya daniel goleman ya
    makasih….

Tinggalkan Balasan

