Review Vendor Pernikahan @ Balikpapan

Sudah lama banget g ngepos, dari jaman purba kayanya..hahahah

Alhamdulillah 24 November 2012 (minggu depan dah 3 bulan berarti) sudah menggenapkan 1/2 dien. Makasih ya Allah^^

Post kali ini akan membahas tentang vendor-vendor yang dipake waktu nikahan kemaren. karena diriku lah ketua panitia nikahan sendiri, yang sebenernya g bagus banget, masa penganten sibuk2..tapi apa daya karna tipe yg harus mencek 1-1 dan kurang percaya sm org lain (krn bala bantuan yang ada adalah tipe bapa2 dan ibu2, yang takutnya g cocok secara konsep dan vendor), akhirnya berpetualanglah keliling balikpapan nyari ketring sampe dekor >.< alasan lain nyari sendiri vendor2 itu biar dapat harga murah =’D

Dan tulisan ini dibuat untuk mereka yang susah banget cari info tentang persiapan teknis buat ngadain acara nikahan di balikpapan.

Mari kita mulai!!

1. Venue (Tempat)

Akad dirumah, klo buat resepsi, ada 4 pilihan waktu itu. Novotel di dekat taman bekapai jl. sudirman, Hotel Grand Senyiur di Gunung Pasir, Hotel Le’ Grandeur dan yang terakhir Dome Balikpapan di jl. Ruhui Rahayu.

Untuk Novotel, dia nawarin paket yang per pack (per orang). Dan dia paling mahal diantara ke-3 hotel ini. Minusnya lagi, dia g mau ada ketring yang masuk, jadi smua makanan harus dr novotel. dan paket per pack itu cuma buat prasmanan, makanan pondok lain lagi hitungannya. Di coret deh, karena anggaran membengkak klo maksa, dan rasa makanan blm tau gimana

Grand Senyiur

Grand Senyiur, dekorasi ruangannya modern, jd bisa minimalis ntar dekornya yg berarti  ngurangin biaya. Kekurangannya adalah tmpat parkir yang kurang banyak. Trus ruangan g besar banget (buat 1000 org, klo bilang undangannya 1500 dia akan nolak). Plus ballroomnya ada dilantai 2 hotel, yang membuat tamu harus masuk lewat lobby. Agak2 g praktis karena lewat tangga 2 tingkat (kasian mama). Untuk paket yang ditawarin ada 2, pinjem ballroom aja atau ambil paketan yang per pack (ketring luar boleh masuk dgn syarat ngambil 1 dr 3 nama yg mereka saranin, buat jaga kualitas makanan dan nama mereka)

Hotel Le’ Grandeur

Paket yang ditawarin sama seperti senyiur. Nah untuk packet wedding yang per pack, mereka nawarin banyak banget tambahannya: gratis make up, gratis peminjaman baju, gratis foto.. yang bikin agak curiga ko gratisannya banyak banget, hahahha… dan dia juga ngasih dekor pelaminan minimalis free (tp cuma bisa milih dr yang sdh ada).

Dome Balikpapan

Akhirnya milih Dome sebagai venue. Ruangan luas (jelas banget!), parkir luas, AC ruangan dingin (g perlu nyewa ac potable lg), dekat dengan rumah, dan paling murah, hehehe (punya pemerintah, jadi harganya baek. Trus kebayang sabuga bandung yg bentuknya mirip2 tp harga sewanya jauh, hahaha).

Kekurangan Dome ini, karena dia dome berarti kiri kanan ada posium kursi2. Yang bikin dekorasi membengkak, karena mesti nutupin sekelilingnya (dan karena milih warna dekor baru, terpaksa beli kain baru, karna dekor g punya warna yg dipengenin). Kekurangan lain, dari segi sound sistem, krn  bentuk ruangan yg bundar, suara dari mike dan band jd g fokus, buat nyiasatin ini klo mau sewalah sound system yg oke (biasanya buat konser, dan harganya lebih mahal dr yg standar) –> g dilakuin, hehehe

2. Ketring

Pake Nikmat cateringuntuk Nikmat, recomended lah

Gambar

Menunya banyak, tinggal pilih aja (brosur list makananya jg bagus dan informatif), harga sama dgn vendor ketring lain, dekorasi meja makanan dan pondokkan bisa nyesuain dengan tema (sudah sering bgt kerja bareng vendor dekor, jd g akan ada warna yg g nyambung). Trus ada tambangan hiasan2 yang bagus dari ketring ini


3.Kue Pengatin

Ini hal yang g penting buatq sebenernya, cuma kebiasaan org kalimantan (di grogot dan orang banjar), kue pengantin harus ada, buat dipajang dan poto2. Padahal kue ini harganya g ada yang murah, mana pake gabus pula, g smua kue asli yang bisa dimakan. Ada banyak tempat buat pesan kue di balikpapan, yg paling q tau adalah D’cafe di ruko bandar depan bekapai. Kuenya bagus2 dan besar2, tapi isinya kue lapis surabaya smua (g terlalu suka lapis surabaya), g sesuai, jadi nyoba nanya2 ke Le’Grandeur. Di resto Le’Grandeur kuenya bisa milih, mo rainbow cake atau opera sampe brownies bisa, harga beda tentunya. Dan g masuk bugjet, krna mahal banget klo mau yang sesuai (mintanya opera cake 4 tingkat diameter plg bawah 1 meter) begitu dikirimin hitungan harga dari Chef Pastry nya, mundur dah.. sayang amat kue mahal2.

Akhirnya pilihan jatuh pada wedding cupcake (dari awal pengen cupcake, karna unyuuu, haha) searching2 di google dan bertemulah dengan Angel Cake. Lokasinya di sungai ampal (setelah komplek Balikpapan Baru), disebelah Manchester United Cafe. Dari luar g ada penampakan apa2 yang nunjukin klo itu toko kue. Dan ternyata emang bukan toko, jadi ngelayanin by order saja. Mbak nya baek, mau ngelayanin pesanan calon penganten di H-8 (hahaha..td nya klo g bisa, yawdah, g usah pake kue2an). Dan yg bikin nyesel banget adalah, kenapa g datang lbh awal, krn si mba bisa bikin sesuai gambar yang qta kasih, hufff…akhirnya pasrah nerima apa yg dia sanggup bikin aja. Tapi g mengecewakan sodara2, cupcake nya cantik, dan banyak yg nyangka itu palsu, hahaha..

Gambar

Kuenya juga enak ^^ ponakan-ponakan pada suka. Dan Mbanya dengan senang hati membuat tanpa campuran RUM.

4. Dekorasi

Ada 2 yang paling aq perhatiin buat nyiapin nikahan ini, dekor dan foto, krn cm 2 itu yang bisa dinikmatin saat acara dan setelahnya (ketring g akan mungkin bs nyicipin smua =B).

Namanya adalah Rumah Dekor. Lokasinya dekat kantor kelurahan balikpapan selatan (arah Lottemart). G tau sie di balikpapan ada dekor dimana aja, tapi ini yang paling cocok sekali ketemu. dekornya dah kaya di jakarta dan bandung, hehehe.. Nama pemiliknya adalah mas apay dan mas sugeng.

Harga dihitungin berdasarkan konsep yang qta mau (termasuk mo bikin pelaminan baru atau pake yg udah mereka punya). Sempat ngutarain ide, pengen yang ada pohon2nya, tapi kata mereka itu blm bisa, dan pasti mahal banget. Jadi terlupakanlah, eh di hari H dikasih donk, ada pohon sakura boongan.. jadi terharu, masih diinget obrolan dulu.

Gambar

Gambar


5. Rias Penganten

Dirias oleh Mba Septi Widodo, rumah dan galerinya di Perumahan BDS (alamat lgkpnya lupa, kartu namanya ada di Nikmat ketring dan Rumah Dekor). Bajunya bagus2, model terbaru, cantik2 smua (apa daya harus nyari yang sesuai ukuran dan warna kulit wkwkwkw). Yang dipengenin ukuran gede smua, g muat..

Untuk urusan make up,  ngakuin, mba septi keren banget. Sampe pangling sendiri =D (muji diri sendiri nie critanya ya, hahaha…astagfirullah). Tapi banyak yang bilang bagus banget (apa ini bentuk hinaan halus sebenarnya ya, hahaha…ngatain wajah asli ko beda banget sm akhrnya =P)

Pesen baju juga bisa sm mba septi, kmrn kebetulan sewa perdana. Suami juga. Pake adat banjar dan modern (cuma ganti hiasan kepala).

Kepala banjar

Gambar

Jilbab Modern

Gambar

6. Foto

Untuk foto pake Hilman Foto by Hilman Fajar tersepona sama galery foto di fesbuknya. Lebih mahal dari yang lain sie (dr I-Candid foto), cuma lebih cocok sm Hilman. Minusnya, pencetakan album  butuh 2 bulan ~.~ ditanyain keluarga mlulu,ko blm jadi potonya. tapi 80% puas.

Sekian dulu ya, nanti dibahas lagi tentang undangan, sovenir, band, mc, wo, penginapan, mobil, dll

30 comments

  1. zhara · Februari 24, 2013

    mbak lengkapin dong brp budget nya klo pernikahan d bpn

    • dhedia · Oktober 20, 2015

      Until budget bisa pm ke email aja y g enak kilo di publish =D

  2. idah · Maret 12, 2013

    Pake rmh dekor abis berapa klop acara dome?

    • dhedia · Mei 24, 2013

      Tergantung tmpt sama temanya mba. Klo mau tema baru, hrgnya lbh mahal, klo yg udh mereka punya. Tinggal nego aja. Bisa milih tema trus dikasih budget atau lbh enak klo qta yg ngasih budget, ntar mereka yg ngerancangin kira2 dapat yg mana

  3. dhedia · Mei 22, 2013

    Untuk budget nikahan di balikpapan, tergantung tempat sama jumlah undangannya. Yang paling besar anggaran di Ketring, klo di dome ngedekor nutup podium juga makan biaya cukup besar. Untuk biaya sewa dome bisa diliat di situs http://www.balikpapandome.com/?page_id=19 disana ada harga yg sdh dipatok sama dinas PU Balikpapan.

  4. heni · Juni 7, 2013

    Mbak untuk dekor dome kmren habis berapa. Mb sya mt no mb bs? Untuk tya2 seputar pernikahan rencana saya di dome jg nikahnya

    • dhedia · Juni 30, 2013

      Hai heni, salam kenal.
      Aq dah infoin ke emailmu ya..

  5. lia · Juli 27, 2013

    Slam knal yah mbak,, bs bagi infox dunk estimasi utk dekorasi di dome brp?krmn d email q,, Makasih sbelumx yaa mba,,,

  6. lala · Agustus 17, 2013

    Mbak boleh tau rincian dana pernikahan mbak kmrn habis brp y?? U/ berapa undgn??

    • dhedia · Agustus 22, 2013

      rinciannya jadi rahasia perusahaan dear =D hehehe..

      kemaren untuk sekitar 1500 undangan

  7. lala · Agustus 17, 2013

    Mbak boleh tau rincian dana pernikahan mbak kmrn habis brp y?? U/ brp undgn y??

  8. hilmaisme · Agustus 18, 2013

    Hi mba, salam kenal ya..🙂
    Thx ya, postingannya useful banget..
    Btw, boleh minta kontak ato alamat si mba septi widodo ga?

    • dhedia · Agustus 22, 2013

      Hi hilma, maaf aq kehilangan kartu namanya nih. Alamat dia di BDS, klo dari arah telkom/Dam, komplek BDSnya yang sebelum kuburan (ada 2 BDS kan ya klo g salah). ntar disitu tanya2 aja, lumayan gampang ditemuin ko^^ ada plang nama showroomnya juga

  9. Brina · September 12, 2013

    Assalammualaikum mba dhedia, boleh tau estimasi dekor nya ga? sama info contact vendor dekor nya.. via email aja🙂
    Makasih banyak sebelumnya🙂

    • dhedia · September 25, 2013

      Wlkmslm. Sdh dikirim me email ya, maap lama. Oia kontak vendor pada hlg krn hp di install ulang. Kartu nama perias dan dekor aq nemu di nikmat katering (0542-733806) untuk WO: O’Live : 0542-8032 234 atau 0857 50242 600 (Komplek BDS II Blok K No.3 Balikpapan)

      • bunga · Juni 19, 2014

        Assalamu alaikum..Mba..sy jg minta info estimasi budget di dome nyaa donkk..via email az..thx b4 ya mbaa😉

  10. ferdi · Desember 3, 2013

    Mbak sy tolong dikirimin jg y rincian dana pernikahan mbak yg kmaren hbs brp? untuk referensi aj, soalnya ada rencana mo ngadain acara nikahan jg dibpp. Thanks before

    • dhedia · Februari 23, 2014

      Hi Ferdi, maaf g bisa ngirim rincian dana nikah kemaren, krn leptop di install ulang, data2nya kehapus

  11. Alea · Januari 25, 2014

    halo mba dhedia, mau tau juga dong estimasi bajet buat dekorasi pelaminan itu berapa. boleh bales via email ya mba, saya tunggu🙂 makasih mba sebelumnya🙂

  12. motauajedeh · Juli 27, 2014

    sip.
    mantap.
    memilih Vendor dokumentasi memang jangan mentok tentang ANGKA😉
    uhuy .

  13. darni · Desember 30, 2014

    Mb, boleh dunk dikirimin estimasi biaya semuax brp, klu ad rincian y mb, dr gedung smp photo, hehe…

    • dhedia · Maret 24, 2015

      wah, kebetulan filenya pada hilang, jd saya g bisa ngasih rinciannya. baiknya, langsung kontak aja masing-masing vendor hehehe

  14. tina · Oktober 5, 2015

    siang mba/mas
    ada vendor buat fotografer ga? buat brosur percetakan hotel. trims

  15. Darti · Desember 29

    Mba, salam kenal yah…boleh tau biaya dekornya brp tah? Makasi

    • dhedia · Desember 29

      Rumah dekor bisa nyesuain budget, dulu mulai dr 10jt. Utk dekor ini krn warna baru (jadi harga di bagi 2 dengan vendor), kisaran 40-55jt

  16. wida · Januari 2

    Salam kenal mba, kira2 boleh diinfo gak yaa total harga dri vendor2nya kmarin? Buat referensi nih mba…. hehehe.
    Diinbox ke email aj kali yaa… 😊😊
    Makasih sblmx… 😄😄

  17. lirsa · Oktober 30

    halo mba,
    saya mau tanya kemaren pas wedding nya wedding organizer apa, soalnya saya ngga bakalan sempat ngurus semuanya karena ngga stay dibalikpapan, terimakasih sebelumnya mba.

    • dhedia · Oktober 30

      Halo mba, kemaren sy pakai o’live wedding organizer, milik mba vivi olivia. Ini emailnya vivi_husey@yahoo.com

      Di postingan sy yg vendor pernikahan part 2, ada kartu nama mba vivi nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s