Tempat Makan Enak di Balikpapan

Setelah merantau 6-7 tahun, balik lagi ke Balikpapan =B

Balikpapan yang super mahal.. Kali ini mo merekomendasikan beberapa tempat makan di Balikpapan. Uniknya kota ini, kadang rumah makan atau restoran terkenal itu penampakannya biasa aja, jauh dari kesan mewah, tapi ngantrinya kadang g keruan..saking ramenya, hehehe..

  1. Nurjaya-Miki (jl. Jend sudirman, sebrang Balikpapan Plaza). Tempat makan ini biasanya rame di jam sarapan. Makanannya macam2, mulai dari nasi kuning, lontong, bubur ayam bandung, pecel, coto makssar dll. Yg menonjol dr rmh makan ini coto makassarnya, ortu muji kualitas rasanya. Kadang klo ada hajatan,  coto makasar ini spesial dipanggil bt nyediain makanannya =B. Kelemahan tmpt mkn ini cuma parkiran yg suka penuh, jd mesti nunggu bt dpt tmpt antrian. Nurjaya sudah punya cabang di jl. mt haryono, tepat setelah jembatan DAM
  2. Nasi kuning H. Daud. Nasi kuning dan lontong dijual disini. Orang banjar yg jual, dan sejauh ini, nasi kuning paling enak yg pernah dirasain, H. Daud pemenangnya. Nasi kuningnya porsinya lbh dikit dr yg dipasaran, jadi mgkn mesti pesan 2 porsi klo bt cowo2 mah, hahaha.. Dan harganya jg relatif lbh mahal sedikit, mengingat porsinya yg dkt. Yg khas lg, es teh manisnya. Rasa jadul, hehehe..ada aroma vanili, khas teh klo lg plg ke grogot ke rumah nene. Bukan teh celup, kayanya teh seduh yg nyiapinnya pake saringan^^. Nasi kuning H.Daud sudah buka cabang, 1 di kawasan  pasar segar Balikpapan baru, 1 lagi di ruko dekat rumah dinas walikota.
  3. Soto Banjar Kuin (di gunung sari, sebelah masjid, depan bank panin). Soto disini enak, sate ayamnya juga. Letaknya dipinggir jalan, kaya warung biasa. Hebatnya kuliner org balikpapan ini, walau warung penampakan biasa, yang punya make ducati, hahahaha… Di dinding warung, banyak poto pejabat yg pernah mkn disana. Gubernur kaltim, deni indrayana, walkot balikpapan jg.
  4. Rumah makan H. Isna (di gunung sari, sebelah London Beauty center).  Yang dijual disini, ada soto banjar, coto makasar, ikan bakar, ayam dan bebek bakar/goreng. Baru 2x nyobain, pertama soto banjarnya, rasanya jauh sama soto banjar kuin, kebanyakan perasa (cerewet yg beli mah, hehehe), kedua kali nyoba ayam kampung bakarnya, ini enaakkk… Sambalnya khas. Kekurangannya cm varian ikannya g terlalu banyak.
  5. The Beach House (daerah batakan, setelah bandara Sepinggan Balikpapan). Ini restoran yg dikelola sama manajemen hotel mesra. Baru sekali kesana, sering dijadikan tempat prewedding sama garden party sama bule2 (menurut crita orang sie). Tempatnya bagus, g nyangka ada rumah makan konsep terbuka dipinggir pantai, ada gazebo2nya. Berasa lagi di bali aja, hehehe.. Krn restoran, harganya standar hotel, baru nyobain tenderloin steaknya aja. Dan saus lada hitamnya mantaff.. Kayanya saus lada hitam paling enak yg pernah dimakan, baru di resto ini. Tempatnya enak buat santai2, jd rilex, dengar suara ombak dan pas dtg hr sabtu sore g banyak org jd tenang (g tau klo pas rame ya, apa suasananya msh enak apa g)
  6. Pondok Kelapo (Dekat pelabuhan semayang). Restoran dipinggir pantai, ada tempat khusus bergazebonya, posisi gazebo paling atas ada min pemesanan, klo g slh min hrs blanja 1 jt. Secara rasa standar, sama aja kaya resto seafood lain di balikpapan, cem Asian atau Bondy, menang di suasana tepi pantai.
  7. Bakso Iga DAM, ini bakso iga yg terkenal di balikpapan. Klo lagi rame, jam 7.30 malam sudah habis.
  8.  Bakso Lik Min (jl. Jend sudirman, tepat setelah lampu merah Le Grandeur) bakso sama mie ayamnya enak, rasa asli, g kaya rasa mie ayam di bakso lap tembak dkk, rasanya tradisional^^
  9. Soto semarang (persis di depan bakso lik min). Rasanya enak.. Karna suami org jawa, jadi klo makan diluar hrs gantian, kasian klo makan di warung banjar mlulu, hahaha.. Dan menurut dia tmpt ini enak.
  10. Soto daging (lupa namanya, letaknya g jauh dr soto semarang di jend sudirman) jual soto daging, babat dan campur. Menurut suami, rasanya mirip di kampung (jd cukup mengobati rasa kangen ke kuliner jawa =P)
  11. Tempe mendoan, martabak dan sroto purwokerto (daerah DAM, dekat kantor trimegah, seberang resto padang upik). Baru nyoba mendoan sama martabaknya, enakk..martabaknya g tau aja, perasaan lbh enak dr martabak yg lain deh, jualannya dr sore-malam. Untuk sroto adanya pagi doank, tp blm kesampaian nyoba
  12. RM Malvinas di dekat bandara Sepinggan. Disini cuma menyediakan menu ikan dan udang, hehehe… Walau cuma 2 lauk itu, malvinas terkenal di balikpapan, setiap ada tamu/pejabat dari pusat atau provinsi, biasanya dibawa kesini. Penampakan dari luar biasa aja, dalamnya jg, memang Balikpapan lebih mengutamakan rasa ketimbang penampilan belaka, hehehe… Ikannya segar banget, udangnya juga besar. Harga di malvinas tergolong mahal, tapi rasa emang g pernah bohong =P
  13. Warung Kerasukan Ceker lokasi di pasar segar balikpapan baru. Sop cekernya enak banget, ada menu ayam kampung goreng jg, bagi yg doyan pedas, menu ceker disini punya beberapa level kepedasan, wajib di coba
  14. Warung ikan bakar Pasar inpres, disini ada 3 warung, smuanya enak-enak. Harganya murah(di bandingkan malvinas y), kalau mau ngerasain ikan bakar atau udang galah dengan harga terjangkau, boleh dicoba kesini.
  15. Mau nyobain kepiting? ada 3 resto yg disarankan, Kepiting Kenari (ini lada hitamnya pedes banget), Dandito tempatnya lebih asik daripada kenari, Seasik (ini dekat rumah, hehehe, dulu biasa pesan buat oleh-oleh klo balik ke Bandung)
  16. Boncafe, menu andalannya steak, dan menurut pendapat pribadi, disini steak paling enak di balikpapan, nasgornya juga enak banget, dan tempatnya bagus
  17. Masih banyak tempat lain, ta sebutin aja ya. Rumah makan nasi pecel sebelum jembatan DAM (ini enak bgt kt suami),  D’Cafe ruko bandar, Ocean ruko bandar, R, Gado-gado di RSIA Permata Hati Gunung Pasir (enak, cm klo lg rame ngantrinya lama, hehehe)

Okeh sekian dulu info bt tempat makan di balikpapan.

 

 

9 comments

  1. Sutiono · April 5, 2014

    Mau melengkapi Kuliner Balikpapan, silakan visit http://www.sutiono-kuliner.blogspot.com

  2. Diana · April 7, 2014

    Salam kenal dr berau, suka b’buru kuliner ya , d berau jg bnyk mknn yg enk coz mampir kberau ya

  3. Mitha · April 11, 2014

    kadang aneh ma orang yang baru 1/2 kali ke Balikpapan dah bilang makanan di Balikpapan mahal..makannya dimana dulu..??saya selalu tanya gitu..kalo makannya mau enak dan pasti ya langsung aja ke rumah makan yg disebutin mba’nya..tapi kalo makan di pinggir laut klandasan ya silakan kagum dengan kemahalannya..soalnya mereka ditarik pajak pribadi ma preman2 situ..
    makanya, saya saranin buat penikmat travelling/pendatang sesaat kalau mau makan, makanlah di tempat2 yang dah recomended..ga bakal nyesel, dan pastinya harga dan kualitas cita rasa menyenangkan..
    kapan2 balik lagi ke Balikpapan mba..

    • entitiap · Februari 18

      memang mahal kok. buat orang jawa terutama. di jawa makan di bawah harga 15.000 sudah enak2.di bpn harganya rata2 dua kali lipatnya

      • Nina · Maret 27

        betul, saya asli jawa yg udah setengah tahun tinggal di balikpapan, n slalu blg makanan disini memang mahal2 (krn selalu membandingkan dg di jawa). memang 2x lipat harga di jawa. lama2 memang terbiasa. bagi penduduk asli kalimantan harga2 disini dianggap wajar, bahkan teman saya yg asli samarinda selalu heran kalo saya ngomel tentang harga2 disini, krn menurut dia harganya standar, hahaha…
        but, saya suka tinggal disini, orang2nya ramah, gk macet n kotanya bersihh..
        Dan saya mulai sedikit terbiasa dg harga2nya (semoga pas liburan ke jawa gk jadi kalap) :p

      • din · September 25

        Beneran mahal itu pendapat saya yang baru pertama datang ke balikpapan n pertama kali melintasi pecel dan lakunya telur rebus kena Rp.10 rb perbandingan di jawa waktu itu nasi pecel Rp6rb-8rb dpt lauk daging. Belom lagi pas pertama kali ke pasar, kaget banget dengan harga muahalnya. Tp ya gitu lama kelamaan terbiasa sudah, malahan ada beberapa yang harganya lebih murah dari jawa ex: buah naga 3kg Rp 10rb di jawa mana dapet harga segitu:-) sorry kok jadi curhat hehehe🙂

  4. Wisnu · Desember 16, 2014

    Soto Kuali < ini soto daging yang sebelah soto semarang, saya juga sering kesini, gantian sama soto semarang, karena sy orang jawa, jadi dua soto ini masuk di lidah, mantep juga rasanya🙂
    mendoan di DAM, ini asli orang Purwokerto, jadi rasanya asli Banyumas🙂 kebetulan saya dan istri asli rumpun ngapak,hehehe, jadi seneng beli mendoan disitu, FYI ini kakak adek sama yang jual martabak di pertigaan lampu merah Gn Pasir/Gn Sari deket toko komputer FULUSO,🙂

  5. ricky awenzzzz... · Januari 3

    semua ane udnyoba…. wakakakkakka abis asli balikpapan sih…..

  6. Max · September 15

    sis.., ane tambahin lagi nih..Ada namanya Warung Paytrenz yang di Taman Korpri…terkenalnya Taman Melawai 2 dekat Dome. disitu jual Nasi Kuning, Nasi Uduk, Bubur Manado dll. Rasanya mantap abis. bukanya sampai jam 8 malam.
    Nasi Kuning nya lain dari yang lain gan…uenak tenan…atasnya dikasih Abon Ikan ditambah lagi harganya antara 12 – 14 ribuan.
    tempatnya cocok untuk nongkrong soalnya FREE WIFI. Mantap abiiizzz….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s