(Meninggalkan Jejak) Crita Hamil Pertama

Besok 24/02/2014 Ghozi genap 4 bulan, udah gede aja..ngga nyangka 4 bln yg lalu lahiran ^^. 

Mo sharing sedikit ttg momen2 hamil (telat amat critanya, heheh). Alhamdulillah, Allah Maha Baik, dari awal hamil g ngalamin yang namanya mual muntah, padahal dah serem aja sm crita orang2, Alhamdulillah dikasih fisik kuat, g perlu bedrest.. Ghozinya juga kuat^^, dibawa jalan cepat, naik turun tangga sambil geret2 koper 4 kg di Hongkong.. Diajak jalan seharian ngelilingin kota orang, sambil emak bapaknya ngirit, jadi banyak jalannya ketimbang naik alat transportasi =P

Terus sempat terbesit, “Allah bilang, anak harus berbakti sm ibunya krn ibunya tlh berlelah lelah dalam mengandung” 

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu Bapanya, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang Ibu Bapakmu, hanya kepada-Ku-lah kembalimu.”
—(QS. Luqman: 14)
Dan terbesit sedikit rasa riya, astagfirullah.. alhamdulillaah g ngerasain kondisi “keadaan lemah yang bertambah-tambah”. Karna sampai umur hamil masuk 8 bulan, kondisi fisik dalam kategori fit, masih bisa jalan lama, g ada mual muntah pusing dll. Paling cuma kondisi wajar saat hamil, cem kaki bengkak.
 
Dan Allah g pernah salah, ternyata mulai umur 8 bulan, datanglah keadaan lemah yang bertambah-tambah. Karna sudah di balikpapan buat lahiran, smua makanan yang di mau ada, makan jadi g kekontrol =P, tiba2 perut membesar dan timbangan melonjak. Sampai disuruh diet karbo sama dokter, krn berat badan janin dah 3 kg, g makan pun akan terus nambah kata dokter. Jalan jadi susah mesti pelan2, karna perut gede banget^^, kaki bengkak mulai berasa sakit, napas sesak, tidur g nyenyak..hehehe
 
Yang paling jadi masalah adalah munculnya rasa sakit di tulang panggul, Pelvic Pain, bahasa resminya Symphysis Pubis Dysfunction atau SPD. Malas browsing, awak kutip dari blog ini http://ailismafaza.blogspot.com/2013/01/simfisis-pubis-disfungsi.html

SPD ini umumnya diderita oleh ibu hamil, namun tidak menutup kemungkinan juga bias menyerang pada bukan ibu hamil, baik laki-laki atau perempuan. Belum dikewtahui pasti penyebab SPD ini. Namun factor yang dapat diidentifikasi SPD pada ibu hamil adalah terjadinya peningkatan jumlah hormone relaksin yang diproduksi. Produksi berlebih ini menyebabkan pelunakan ligament seluruh tubuh.

SPD

Akibatnya otot-otot sekitar punggung bawah dan panggul harus harus bekerja lebih keras untuk mendukung tubuh, sehingga menyebabkan rasa sakit luar biasa. Ketika hamil, otot panggul yang biasanya mendukung panggul tidak bekerja secara efektif, karena berat bayi menekan dasar panggul.

Rasa nyeri SPD ini awalnya biasa, kaya sakit pinggang yang pengen di bletekin biar bunyi (ngelengkungin pinggang kebelakang biar tulangnya bunyi itu lho). Berlanjut mulai susah bolak balik badan kalau tidur. Dulu blm ngeh klo ini SPD, nyangkanya nyeri biasa. Begitu masuk 9 bln, BB bayi makin bertambah, karna belum ada tanda2 kontaksi palsu sekali pun, jadi harus nyoba induksi alami, jalan kaki minimal 30 menit. Ternyata, jalan kaki ini memperparah nyeri SPD. Ngangkat kaki buat naik ke kasur butuh perjuangan lama, klo jalan seperti ada bunyi “klek klok” di pinggang..sakitnya luar biasa.

Langsung gugling dan ketemulah istilah SPD ini. baru mau terapi penyembuhan (jgan jalan pagi dan banyak istirahat), ternyata pecah ketuban tengah malam.. 

Akhirnya saat lahiran pun tiba, mules2 jam 1.30 pagi, siap2 dan sampai RS jam 3 pagi, ternyata sudah bukaan 4. Baru lahiran jam 5 sore..Masya Allah.. Saat lahiran kan mesti ngangkang, dan SPD makin brasa maknyus !__!

Waktu harus IMD, Ghozi ditidurin di lengan kanan, dan Ya Allah, badan g bisa miring ke kanan,, krn rasa sakitnya luar biasa.. Buat pindah ke kamar inap, harus naik kursi roda, dan awak pun tak bisa ngangkat kaki buat naroh di pijakan kursi rodanya. 

G mampu ngangkat kaki buat naik tempat tidur, harus dibantu kakinya diangkat sama suami atau suster, kaya orang lumpuh. Ke kamar mandi jalan kaya pinguin, g bisa ngangkat kaki buat jalan normal, jadi kakinya di geser2 persis kaya pinguin jalan. Saking sakitnya, konsul waktu dokter kandungan visite, disuruh rontgen, dan bener, ada peregangan di tulang panggul, selain krn pengaruh hormon, Ghozi yang besar jg makin nekan tulang panggul waktu hamil (Ghozi lahir 3.8 kg), rasa sakitnya berlangsung sampai sebulan lebih. sampai Ghozi umur 2 bulan pun masih nyisa sakitnya.

Allah Maha Benar, kadang-kadang di umur Ghozi yang mau 4 bln ini, klo lg di timang2, berasa dikit2 ada sakit di pinggang.. mesti rajin olah raga nanti (niat dulu =D) klo Ghozi dah 6 bulan. Karena kt dokter, SPD ini mungkin berulang untuk kehamilan berikutnya, dan biasanya jadi lbh sakit ~.~

Sip..segitu dulu tentang cerita SPD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s