Baby Step by Dave Ramsey. Perencaan Keuangan Dengan Rancangan Langkah Bayi ^^

Bismillahirrohmanirrohim

Udah 80 hari dan melewati 2 akhir bulan (Maret dan April), sejak tulisan tentang tips keuangan ini dibuat: Tips Menyimpan dan Menyisihkan Yang

Mari me-review lagi

1. Alhamdulillah, bulan Maret berhasil menyisakan uang bulanan sebesar 2.63% dan April 1.3%😂
Jangan liat persentasenya, tapi syukuri hasilnya wkwkwk..
Sistem amplop berhasil💪🏼, smua pembelanjaan mulai mengikuti jumlah dana yang ditetapkan, walau ada beberapa kategori yang masih over spending sehingga harus “pinjam” dari dana kategori lain.

2. Model sistem amplop dg klip yg ditaruh ke dompet, ternyata agak susah dalam pelaksanaannya. Saat mau bayar mesti ngebuka klip buat ngambil uang, trus harus di-klip lagi uang kembalian bersama sisa dana. Repot, kalau mau cepat terpaksa uang kembalian langsung masuk dompet dan sampai rumah harus ngerapihin lagi (nambah kerjaan wkwk). Jadi beralih ke model amplop yang sudah dimodifikasi (di foto bawah)

image3

3. Dahulu, emak Ghozi memakai 2 aplikasi keuangan di hp. 1 untuk mencatat belanja yang pakai debit & e/m-banking (Spending tracker) , 1 lagi belanja dengan uang cash (Money manager). Sekarang nambah 1 lagi yaitu Money Lover, aplikasi ini ada pilihan budgetingnya, trus ada 2 dompet (debit & cash) jadi mencakup fungsi 2 aplikasi sebelumnya. Mulai mau beralih ke money lover aja sedikit demi sedikit.

image2.JPG

4. Rajin mendata pengeluaran bulanan. Kaya nyusun RAPBN, belanja kedepan berdasarkan serapan anggaran sebelumnya. Ya kalo rata-rata anggaran shopping sebelumnya kurang lebih 500rb/bulan, jangan maksa naroh angka 100rb buat bulan depan🤣🤣

Intinya kita punya dasar buat netapin berapa sih anggaran dana buat tiap kategori. Untuk yang baru mulai, dikira-kira saja, setelah 2-3 bulan, pasti keliatan ko polanya.

 

Biar g ngebahas sistem amplop doank, berikut rancangan keuangan dari finplan USA, Dave Ramsey, namanya Baby Steps, prinsip Baby Steps adalah kita harus selesai dilangkah pertama baru boleh beralih ke langkah berikutnya.

image1-3.JPG

1. Tabungan awal Dana Darurat. Aslinya Dave Ramsey nulis 1000$ (karna buat orang USA), untuk kita mari dimodifikasi menjadi 3x belanja bulanan.

2. Bayar smua utang konsumtif (kartu kredit, KTA, rentenir dll)
Setelah punya tabungan dana darurat 3x belanja bulanan, selanjutnya mulai lunasi hutang konsumtif yang ada. Ini yang susah, kita baru bisa naik ke langkah ke-3 klo utang-utang udah beres, artinya saat kita mulai ngelunasin utang, penggunaan kartu kredit g diperkenankan, kecuali langsung dibayar lunas saat jatuh tempo ya, jadi g nyicil-nyicil bayarnya, g boleh tergoda belanja X bisa dicicil 6 bln dengan bunga 0%. Klo tergoda, ntar baru bisa naik ke step berikutnya 6 bln lagi 🙄

3. Penuhi Dana Darurat 3-6x belanja bulanan. Idealnya, itungan dana darurat adalah 3x belanja bulanan/orang. Klo ada keluarga dengan 4 member, dana darurat ideal mereka adalah 4×3= 12x belanja bulanan. Jadi klo misal kepala keluarga berhenti/di PHK, keluarganya masih bisa bertahan hidup sambil menunggu kepala keluarga dapat pekerjaan lagi.

4. Invest 15% dari pendapatan. Utang udah lunas, dana darurat aman, saatnya mulai berinvestasi, minimal 10% dari pendapatan. Bingung mau invest dimana? sisihkan aja dulu -15% ke tabungan khusus (jangan di utak-utik), sambil belajar tentang instrumen investasi, jangan nunggu ngerti dulu baru nabung ya.

5. Investasi untuk kuliah anak. Rencanakan biaya pendidikan mereka, itung kebutuhan dananya di masa depan, trus itung berapa dana yang harus disisihkan buat mencapai target itu.
Contoh:
Umur anak 👉🏼1 th (kuliah umur 18th)
Lama investasi 👉🏼 16 th
Biaya kuliah sekarang 👉🏼 40jt
Biaya kuliah masa depan 👉🏼 202jt (inflasi 10%/th)
Investasi bulanan yg dibutuhkan 👉🏼 256rb /bln (produk investasi dengan bagi hasil 15%/th)

Biaya pendidikan, sebaiknya sudah ada 1 tahun sebelum dibutuhkan. Bt ngitung pake rumus excel FV (future value) & PMT
*Langkah 4-5 bisa berjalan barengan

6. Lunasi kredit rumah secepatnya😄. Langkah ini jg bisa dijalankan barengan dengan langkah 4&5.

7. Bangun kekayaan dan bagikan. Cita-citain bisa infaq sebanyak mungkin. Kemaren lagi baca book plan seorang ibu, janda dengan 3 anak, punya tujuan keuangan 👉🏼 Bikin Pesantren dengan nilai sekarang 10M!!😱
*langsung berasa remah-remah astor

Smoga Bermanfaat💝

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s