Belajar merencakan keuangan (Financial Planning)

Bismillahirrohmanirrohim..

Sejak nikah tahun 2013, kehidupan keuangan pribadi mulai berubah. Dari single yang mikirnya belanja bt diri sendiri aja, jadi double dan sekarang triple wkwkwk..

Karena kebutuhan mulai banyak dan ilmu pun harus ditambah. Belajarlah secara otodidak tentang financial planning keluarga kecil, baca buku-buku tentang keuangan (sampai pusing sendiri karna awam banget sama smua istilahnya), ikut training finplan, dan sambil mulai eksekusi.

Intinya, setelah mulai merencanakan segeralah eksekusi smuanya, karna klo cuma ngerencanain g dilakukan, g akan terjadi perbaikan hehehe..

Tulisan singkat ini mo membagi tentang refrensi buku dan beberapa wadah yg memfasilitasi buat investasi. Mari kita mulai!

 

BUKU. Banyak buku yang dibaca sebenernya, tapi yang ngasih kesan mendalam adalah beberapa judul dibawah ini:

  1. Menjadi cantik, gaya dan tetap kaya. by Prita Ghozie
  2. Make it Happen. by Prita Ghozi. Ini isinya tenting tennis membuat perencanaan pribadi, bagus banget, cara ngitung kebutuhan invests diajarin disini, sama seperti klo ikut training personal/family financial planning yg harganya jutaan. Jadi worth it banget buat baca buku ini.
  3. Think Dinar, by Endy J kurniawan
  4. Investasi Emas, dinar dan dirham. By Ella Syafputri. Ini buku bagus deh, senang bacanya, isinya pake data riil. Jadi kebayang klo mau investasi dalam bentuk emas, harapannya akan seperti apa.
  5. Your money your attitude, by Dwita Ariani.
  6. Finchickup, by Farah Dini Novita.
  7. Dinar money, by Muhaimin Iqbal
  8. The Millionaire Next door (milioner tetangga kita), Thomas J Stanley & William D Danko. Ini buku wajib ceuna, walau edisi jadul (2004) ini buku bagus banget deh, nyeritain tentang milioner-milioner di amerika, yang secara penghasilan g wow banget..jadi quote yang bilang kaya g tergantung gaji, kira-kira dari buku inilah awalnya.

PELATIHAN. Kalau ada rezeki lebih (baiknya sih dianggarin^^) ikutlah pelatihan tentang financial planning. Atau klo mau lebih terjangkau, lakukan konsultasi dengan financial planner. Klo training harganya sekitar 1,5-2jtan, konsultasi biayanya mulai 250rb per jam.

WADAH/PRODUK INVESTASI. Jenis-jenis investasi bisa diketahui dari baca buku, gugling atau pun konsultasi dengan financial planner. Untuk emak Ghozi pribadi, semua reksadana yang dibeli adalah reksadana syariah, jadi pemilihan tempat beli RD nyari yang jual reksadana syariah lebih banyak. Setelah belajar saatnya mulai investasi. Ini beberapa tempat beli reksadana maupun emas.

  1. Bank Commonwealth. Cara beli reksadana, pertama harus buka rekening dulu. Ntar dijelasin sama cs nya, ada pilihan autodebet jadi sangat membantu buat yang ngaku susah nyisain dana wkwkwk. Enaknya di bank ini, qta cukup datang 1-2x ke bank, sisanya bisa transaksi pembelian/penjualan reksadana secara online. Kelemahannya, klo ditengah jalan qta mau beli reksadana baru, qta harus ke bank buat ngurusnya.
  2. Ipot Fund dari Indopremier. Ini adalah supermarket reksadana. Mirip seperti lazada lah, tapi yang dijual reksadana. Ada banyak macam reksadana yang dijual disini. Dan enaknya ipot fund, pembukaan rekening bisa dari rumah, hehehe. Jadi ntar tinggal donlot berkas-berkas yang harus diisi dan ditanda tangan, kirim lewat pos, ntar klo berhasil, konfirmasinya tentang akun kita diinformasikan lewat email. dan semua transaksi jual beli reksadana dilakukan online. Kenapa buka ipotfund padahal sdh punya di bank commonwealth? jawabannya karena ipot fund menyediakan lebih banyak pilihan RD syariah^^
  3. SAM (Samuel asset management). SAM adalah salah 1 manager investasi, yang produk reksadana syariahnya kinerjanya bagus, dan di bank commonwealth maupun ipot fund dia belum ada, jadi harus buka akun disini dulu klo mau beli produk mereka. Dan lagi-lagi, smuanya bisa dilakukan online hihiihi..
  4. Gerai Dinar. Disini tempat beli dinar, sebenernya beli dinar bisa dimana aja, di toko emas ada, pegadaian rasanya jg jual. Kalau beli dinar di gerai dinar, bisa cek web mereka buat cari agen di kota kita. Gerai dinar punya yang namanya m-dinar. Klo qta buka akun buat m-dinnar, qta bisa beli dinar dengan pecahan kecil. Misal, 1 dinar sekarang 2jt, sedangkan tiap bula qta cuma punya alokasi dana 500rb, klo nunggu terkumpul 2jt (dalam 4 bln), takutnya harga dinar sudah naik, dengan m-dinar, qta bisa beli dengan 500rb dapatnya 1/4 dinar. Tapi pengambilan fisik dinar cuma bisa dilakukan klo tabungan qta di m-dinar sudah mencapai genap 1 dinar. klo belum 1 dinar tp mo diambil? bisa, ntar langsung di konvert ke rupiah dan dikirim ke rekening qta.
  5. Toko Emas Ibukota Gold Gram. Goldgram ini website tempat jual beli emas, klo toko offlinenya namanya toko emas ibukota letaknya di cikini (kawasan cikini gold center depan stasiun cikini). Kelebihan goldgram, klo qta jadi member, qta bisa dapat harga emas yang lebih murah dari pasaran. Transaksi dilakukan online. Dan mirip seperti gerai dinar, qta bisa beli emas disesuaikan dengan dana qta, dan bisa ngambil fisik emas klo sdh genap misal 5gr, 10gr dll.
  6. Butik Emas Antam. Tempat beli emas antam, klo ragu dengan keaslian emas yang dijual di toko emas. Sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia.

Oia, catatlah semua pengeluaran bulanan keluarga kita. Sudah banyak aplikasi yg bisa di donlot di smart phone. Tujuan pencatatan biar kita bisa tau uang bulanan habis kemana aja sih. Emak Ghozi pakai aplikasi spending dan money manager. Ko 2?? Iyah, 1 buat pengeluaran dari kartu debit (karna emak Ghozi kadang males pegang uang  tunai ), kalau pun pegang uang tunai suka g tau dipakai belanja apa aja, kebiasaan kita belanja pakai uang pecahan besar, belum habis uang kembaliannya, kita udah pakai pecahan besar lagi=B Jadi aplikasi yg 1 lagi buat nyatet pembelanjaan dr uang tunai

Yap, sekian dulu tulisan singkat tentang merencanakan keuangan keluarga, smoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s