Nuansa Ramadhan

oleh Snada

ale… ale… ale…yahoo
Dilangit malam yang kelam bertaburan
Titik cahaya terang
Pemberi kedamaian bagi berjuta insan
Sekian banyak bintang – bintaang gemerlapan
Kini semakin menghilang
Ditelan sang mentari mennyongsong pagi

Selamat dantang bulan Ramadhan
bulan penuh kedamaian
Kita semua sambut gembira
Hati yang suka cita

bulan Ramadhan bulan mulia
bulan penuh ampunan, walau derita melanda
kita bersabar dan tawakal

Dibulan suci ini berbuatlah yang baik
Banyak – banyak mengaji jangan mencaci maki
Karna dibulan ini diri kita diuji
Untuk bekal akherat nanti

 

Marhaban ya Ramadhan…

2 tahun sudah ramadhan di ITB ku lalui….

Jargon my first ramadhan from Kabinet KM ITB 2006-2007 : Takkan ku biarkan ramadhan kali ini berlalu tanpa makna….

Hiks….q rindu keluarga itu, keluarga yang hanya bersama selama setengah tahun, namun mewarnai hidupku sampai di tahun ke-3 ini…

Marhaban ya Ramadhan…

Iklan

Golongan darah B

Golongan darah B

1. Orang yang bergolongan darah B ini cenderung penasaran dan tertarik terhadap segalanya.

2. Mereka juga cenderung mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobby. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.

3. Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.

4. Mereka cenderung ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal ketimbang hanya dianggap rata-rata. Dan biasanya mereka cenderung melalaikan sesuatu jika terfokus dengan kesibukan yang lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan.

5. Mereka dari luar terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias. Namun sebenarnya hal itu semua sama sekali berbeda dengan yang ada didalam diri mereka.

6. Mereka bisa dikatakan sebagai orang yang tidak ingin bergaul dengan banyak orang.

Permata Terindah

Permata terindah, aku mohon…

Ku mohon, wahai permata terindah

Jangan beri aku walaupun hanya secercah, harapan untuk mengagumi keindahanmu

Karena sungguh belumlah pantas diri ini dengan hatinya yang cacat,

Tuk mengagumimu dengan penuh ketulusan serta keikhlasan.

 

Ku mohon, wahai Permata terindah…

Jagalah pesonamu, yang dengannya,

Tak ada satu benteng pun yang dapat tegak berdiri, kecuali ia roboh,

Dan tak ada satu gunung es pun dapat bertahan, kecuali ia luluh,

Oleh hijab terurai yang kan senantiasa menjaga kesucianmu,

Dari buruknya rupa angan-anganku.

 

Ku mohon, wahai Permata terindah…

Perlihatkan selalu keangkuhanmu di hadapanku,

Manusia yang tak mampu menjaga hati,

Agar terjagalah selalu keanggunanmu

Alergi

Aq alergian!!!

Sebenarnya sudah ada sejak di Balikpapan, tiap pagi bersin2, jam 9an baru berhenti, saat suhunya dah mulai panas.

Sejak dibandung, jadi tambah parah, karena bandung dingin dan lembab sepanjang hari. Awal2 di bandung, alerginya tiap hari dan nyaris seharian. Seiring berjalannya waktu, jadi berkurang. Tapi muncul alergi baru dari udara dingin = gatel2. Tapi gatel2 ini klo udaranya dah dingin banget. Komplit dah : bersin2 hebat+gatel2 hebat, saat udara dingin banget.

 

Alergi dingin berupa bersin-bersin itu, nama kerennya adalah Allergic Rhinitis. Ciri2nya mirip flu, bersin2, lemes, hidung dan tenggorokan jadi gatal, hidung jadi merah, mata berair. Alergi ini terjadi klo aq terpapar udara dingin dan debu. Dan sekarang aq sudah bisa ngebedain, bersin-bersin karena debu dan karena dingin. Lebih parah karena debu sie. Karena bersin-bersinnya lebih sering, hidungnya gatal banget, dan matanya berair.

Yang ke-2 adalah gatel-gatel. Bahasa kerennya lagi adalah Cold urticaria. Klo di searching di google, cold urticaria gejala klinisnya adalah gatel2, kulit jadi kemerahan, panas dan kadang disertai rasa nyeri. Penyebabnya sama, karena terpapar udara dingin.

Untuk alergi sendiri, sudah ada obatnya. salah satunya adalah CTM, dan InsyaAllah obat ini adalah obat yang paling aman diantara obat alergi lainnya. Dosisnya 1 tabletnya kecil, dan butuh nelan banyak tablet (sekitar 10-20 tablet) untuk overdosis. tapi sayangnya, efek samping CTM yang aq ga kuat. Efek samping obat ini adalah tidur selama 6 jam. Kebayang aja, klo alerginya pagi2, jam 5an, trus minum obat, ntar aq tidur dari j6-12…ck…ck..ck….jadilah obat ini ga q konsumsi klo ga urgen banget…

Kajian secara ilmiahnya, ntar deh ta’ posting, ngumpulin datanya dulu….

Life is wonderful

It takes a crane to build a crane
It takes two floors to make a story
It takes an egg to make a hen
It takes a hen to make an egg
There is no end to what I’m saying

It takes a thought to make a word
And it takes some words to make an action
And it takes some work to make it work
It takes some good to make it hurt
It takes some bad for satisfaction

It takes a night to make it dawn
And it takes a day to make you yawn brother
And it takes some old to make you young
It takes some cold to know the sun
It takes the one to have the other

And it takes no time to fall in love
But it takes you years to know what love is
And it takes some fears to make you trust
It takes some tears to make it rust
It takes the dust to HAVE it polished

It takes some silence to make sound
And it takes a loss before you found it
And it takes a road to go nowhere
It takes a toll to make you care
It takes a hole to MAKE a mountain

Ah la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la life goes full circle
Ah la la la la la la life is wonderful

Teh

KHASIAT TEH

Salah satu zat antioksidan non nutrien yang terkandung dalam teh, yaitu catechin katekin) dapat menyimpan atau meningkatkan asam askorbat pada beberapa proses metabolisme. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau berbanding terbalik dengan kadar serum kolesterol total (TC) dan low density lipoprotein (LDL-C), tetapi tidak terhadap trigliserida (TG) dan high density lipoprotein (HDL-C). Teh efektif mencegah virus influensa A dan B selama masa kontak yang pendek. Selain itu diet fluorin yangterkandung dalam daun teh (Camellia sinensis) dapat berfungsi kariostatik pada tikus Wistar.

Penelitian menggunakan mencit dengan ekstrak teh hijau ternyata tidak hanya menurunkan jumlah tumor kulit, tetapi juga secara substansial memperkecil ukuran tumor.

 

Beberapa penelitian lain menggunakan teh menunjukkan bahwa senyawa polifenol antioksidan (seperti katekin dan flavonol) yang terkandung dalam teh mempunyai sifat antikarsinogenik pada hewan dan manusia, termasuk pada wanita post menopause. Diperkirakan, flavonoid sebagai antioksidan berperan dalam mengurangi OH, O2, dan radikal peroksil. Selain itu pada wanita post menopause, flavonoid dapat bersifat estrogenik yang menghambat oksidasi LDL, melindungi endotel dari berbagai luka yang disebabkan oleh radikal bebas serta mencegah aterosklerosis yang dapat menyumbat lumen arteri.

 

 

Dirghantara (1994) melakukan penelitian mengenai efek sari seduhan teh hijau terhadap kadar kolesterol dan trigliserida tikus putih yang diberi diet kuning telur serta sukrosa. Ternyata sari seduhan teh hijau 10x dosis manusia (0,54 g /200g.bb/hari) menghasilkan efek penurunan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida dan berat badan yang bermakna dengan kontrol perlakuan (P < 0,05).

 Sutarmaji (1994) meneliti pengaruh sari seduhan teh hijau terhadap kadar glukosa darah tikus normal yang diberi diet glukosa. Hasilnya diketahui bahwa sari seduhan teh hijau 25x dosis manusia (1,35 g/200 g BB/hari) menunjukkan efek hipoglikemik pada tikus 30 dan 60 menit setelah perlakuan.

Teh juga mencegah luka skorbut dan mengurangi plak aterosklerosis pada hewan yang diberi diet aterogenik. Selain itu sifat menguntungkan dari teh adalah kemampuannya menghambat perkembangan leukemia setelah terpapar radiasi; menghambat mutagen yang disebabkan oleh pembentukan nitrosamin dari metilurea.

 

Teh juga telah diuji teratogenik, hasilnya tidak ditemukan baik teratogen maupun embriotoksik. Pada keadaan yang tidak normal seperti pasien talasemia, teh juga digunakan untuk mengurangi penyerapan besi non-heme dan menghambat hemokromatosis.

 

 

 

TEH TERMASUK ANTINUTRITIF???

Mengenai kemungkinan hambatan penyerapan besi oleh teh, hal ini dapat dijelaskan, bahwa besi yang diabsorbsi manusia terdiri dari dua jenis, yaitu besi heme (yang terikat pada molekul hemoglobin) dan besi non-heme (yang tidak terikat pada molekul hemoglobin). Tumbuh-tumbuhan diketahui sebagai sumber besi yang baik, tetapi berjenis nonheme yang penyerapannya oleh manusia sangat sedikit, sebaliknya besi heme dari daging merah sangat banyak tersedia dan lebih mudah diserap.

 

Substansi seperti tanin (dari teh), makanan berserat dan mengandung fitat menghambat penyerapan besi non-heme, tetapi manusia masih bisa mendapatkan besi heme dari daging merah. Selain itu, konsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan besi non-heme.

 

Di antara wanita umur 65-76 tahun, konsumsi teh berhubungan dengan pengukuran densitas mineral tulang yang lebih besar, yang konsisten dengan laporan bahwa teh bersifat protektif terhadap fraktura tulang pinggul. Data tersebut mengindikasikan bahwa komponen selain dari polifenol, seperti fitoestrogen atau fluorida, mungkin mempengaruhi densitas mineral tulang. Teh ditemukan menghambat aktivitas glukosiltransferase dari streptokokki oral dan perkembangan caries gigi pada tikus. Teh mengandung fluorida yang mungkin akan memperkuat enamel gigi dan meningkatkan kesehatan gigi.

 

 

Pada model mencit arthritik yang terinduksi kolagen, polifenol teh hijau secara signifikan mereduksi insidensi dan keparahan arthritis. Ekspresi mediator inflamatori yang meliputi siklooksigenase-2, interferon gamma, dan TNF-alpha lebih rendah pada sendi arthritik dari mencit yang diberi polifenol teh hijau. Katarak, yang berkembang sebagai akibat presipitasi protein pada lensa mata, mungkin direduksi oleh konsumsi teh yang meningkat

 

 

Klo kesimpulan q pribadi, qta masih boleh minum teh sehabis makan^.^

 

 Pustaka : Cermin Dunia Kedokteran No. 144, 2004 & Yayasan Jantung Indonesia

Minggu ini sudah 2x aq menyakiti hati orang yang sama

Maapkan aku teman…

Walau aq juga merasakan hal yang sama, sakit di dalam hati ini…

Maapkan aku kawan…

Maapkan…

 

Aq Orang yang slalu menasehati dan mengingatkanmu untuk tetap kuat…

Tp Ternyata, diri ini yang membuatmu sakit…

Maapkan…

maafkan….maafkan….